Jumat, 19 Oktober 2012

Menghormati Orang Tua : Kultum Tarawih Masjid Agung Singkawang

Eh Ketemu Lagi Jangan Lupa Hormati Orang Yang Lebih Tua Yha...!! 


Di suatu sore yang cerah, ada seorang yang sudah renta berdua dengan anaknya yang sedang memandikan burung. Si orang tua bertanya, “Nak, burung apa itu?” sang anak menjawab “Burung Kenari, Pak” Tak berapa lama si orang tua bertanya lagi “Burung apa itu nak?” Jawab si anak “Burung Kenari, Pak” Beberapa menit kemudian si orang tua bertanya lagi “Burung apa itu Nak?” “Burung Kenari, Bapak” jawab si anak sambil terus asyik memandikan si burung. Tak lama kemudian si orang tua bertanya lagi “Nak, burung apa itu?” “Ah, si Bapak ini, kan sudah saya bilang dari tadi, ini burung Kenari!” kata si anak dengan ketus.
Saudaraku, betapa sedih hati si orang tua mendengar jawaban anaknya yang ketus. Tidak boleh sekali-kali kita berkata : ‘AH, IH, ataupun UH’ kepada orang tua kita ataupun kata-kata dengan nada tinggi. Ingat dulu waktu kita kecil, kita bertanya tentang suatu hal berulang-ulang, orang tua kita senantiasa menjawab dengan sabar dan lembut, berusaha menerangkan jawaban sampai kita merasa puas.
Ketika Nabi Muhammad SAW ditanya oleh sahabat siapakah yang harus kita hormati dari kedua orang tua kita, jawabnya sampai tiga kali adalah : IBUMU, baru jawaban ke empat AYAHMU..hal ini menandakan betapa tinggi rasa penghormatan yang harus kita berikan kepada kedua orang tua kita, terutama Ibu.
Maka kepada para Ibu dan Bapak jangan sekali-kali berkata keras kepada anaknya. Karena ucapan orang tua juga sekaligus doa. Sekesal apapun hati kita, coba untuk tetap berpikir jernih dan sabar. jaga lisan kita.
Untuk itu, di bulan Ramadhan ini, marilah kita jaga tali silaturahim kita dengan kedua orang tua kita. Seandainya kita tidak sempat menengok, teleponlah, sekedar menanyakan kabar dan berbincang sejenak, maka perasaan rindu orang tua Insya Allah terobati.
Semoga kita masih diberi kesempatan untuk berbhakti dan menyenangkan hati kepada kedua orang tua kita…amiiin…
Thanks Yha Udah Di Lihat....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar